Kamis, 28 April 2011

Tips Memilih dan Mengolah Iga Sapi

http://duniasapi.com/id/images/stories/1%20tips%20memilih%20dan%20mengolah%20daging%20iga%20sapi.jpg

Iga sapi atau disebut juga rack/rib, jika benar cara cara mengolahnya akan menjadi satu hidangan yang istimewa dan sudah pasti menggoda selera. Untuk mendapatkan olahan daging iga sapi yang lezat, perhatikan tips berikut ini.
Cara memilih iga sapi :
  • Tekan daging iga sapi dengan jari, jika masih terasa kenyal berarti daging iga cukup baik. Hindari daging iga yang terlah berlendir atau berbau tidak semestinya (busuk).
  • Perhatikan lapisan lemak pada daging iga, jika terlalu tebal (lapisan berwarna putih, keras seperti urat dan tebal), daging iga akan lebih liat/a lot. Sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolahnya, akibatnya rasanya menjadi kurang lezat.
Sedangkan untuk mengolahnya, gunakan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Ikatlah iga dan daging yang menempel dengan tali/benang, agar tidak lepas. Jika tidak langsung dimasak, segera tiriskan dalam wadah tertutup atau dapat juga menggunakan plastic wrap, kemudian simpan di dalam freezer.
  • Agar iga lebih empuk, sebelum diolah bisa ditambahkan nanas parut atau balut dengan daun papaya. Kemudian diamkan selama 20 – 25 menit.
  • Untuk olahan yang menggunakan kuah, rebuslah iga sapi dengan api kecil, agar didapatkan kaldu yang jernih. Atau jika menggunakan panci bertekanan (pressure cooker), masak selama 20-25 menit saja. Sangrai kemiri dan ketumbar terlebih dahulu, agar tidak berbau langu, kemudian  tumis bumbu halus sampai matang. Masak terus daging sambil sesekali ditambah air agar bumbu dapat meresap sempurna. Selanjutnya tambahkan santan sedikit-sedikit agar kuah kental seperti saus dan tak mudah basi.
  • Untuk iga yang digoreng, masukkan (blanching) ke dalam air mendidih, diamkan beberapa menit, angkat. Jika menggunakan iga lokal, setelah di-blanching, ganti air dengan yang baru, kemudian rebus lagi di atas api kecil hingga daging lunak. Untuk iga impor, setelah blanching tidak perlu direbus lagi. Langsung lumuri bumbu, lalu diamkan sekitar 2 sampai 3 jam agar bumbu meresap. Untuk menghilangkan bau amis, tambahkan pala, kayu manis, dan kapulaga. Jika tak suka, gunakan sedikit saja, kemudian  tambahkan kecap manis dan kecap asin. Goreng iga sampai kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar