Selasa, 23 Agustus 2011

Masakan India Selatan



Idli dihidangkan bersama chutney kelapa, hidangan populer di India selatan.[18]
Masakan India Selatan memiliki beraneka ragam hidangan nasi karena nasi adalah makanan pokok bagi orang India Selatan. Lauk untuk makan nasi adalahsambar dan rasam, berbagai jenis acar, hidangan dari kelapa parut dan santan, serta hidangan yang memakai minyak kelapa dan daun salam koja.
Kari sayuran dari India Selatan disebut kozhambu. Hidangan makan pagi di India Selatan misalnya dosapooriidlivadabonda, dan bajji. Hidangan India Selatan yang populer adalah kesaribathupmapulaopuliyodharai, dan thengai sadhamBiryani hyderabad sering disebut masakan yang mewakili India Selatan.[19] Ciri khas masakan India Selatan adalah penggunaan asam jawa (imli), kelapalentil, beras, dan berbagai jenis sayuran. Orang di Udupi memiliki masakan khas yang disebut masakan Udupi.
Masakan Andhramasakan Chettinadmasakan Tamilmasakan Hyderabadmasakan Mangalore, dan masakan Kerala masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Setiap negara bagian di India Selatan memiliki resep sambar yang berbeda-beda. Sambar kerala, sambar tamil, sambar karnataka, dan pappu chaaru dari Andhra masing-masing memiliki rasayang khas. Hidangan yang populer dari India Selatan adalah nasi briyani, nasi ghee dengan kari daging, kari makanan laut (udang, makerel, kerang), dan kue dadar pathiri setipis kertas dari daerah Malabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar